Senin, 30 November 2009

Automotive Multimedia Interface Collaboration

Apa yang terlintas dipikiran kita ketika mendengar Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) atau dalam bahasa Indonesia berarti Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia? Apakah memang ada yang seperti itu? Lantas kolaborasi seperti apa yang tercipta antara Otomotif dengan Multimedia?

Ah, tentunya masih banyak pertanyaan dibenak kita yang muncul mengenai Automotive Multimedia Interface Collaboration. Lalu apa sebenarnya Automotive Multimedia Interface Collaboration itu?

Setelah mencari beberapa referensi di internet ternyata Automotive Multimedia Interface Collaboration adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat/pabrik automotive untuk menciptakan standar umum untuk mengatur bagaimana perangkat elektronik, seperti computer dan unit-unit hiburan berkomunikasi dengan kendaraan.
Tapi kenapa perlu ada Automotive Multimedia Interface Collaboration? Ternyata para pembuat/pabrik automotive mengkhawatirkan bahwa perangkat elektronik dan multimedia akan tidak cocok/tidak kompatibel dengan kendaraan; bahwa perangkat tersebut dapat mengganggu elektronik yang mengontrol sistem keselamatan dan bahwa organisasi standar yang ada tidak akan bergerak cukup cepat. Oleh karena itu terbentuklah Automotive Multimedia Interface Collaboration.

Atau dengan kata lain Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) adalah organisasi global yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan.

Wah, sangat bagus sekali bahwa sebuah konsorsium yang terdiri dari 12 produsen kendaraan sedang berusaha untuk mengembangkan standar global yang mengatur bagaimana menyambung perangkat elektronik ke kendaraan. Tetapi konsorsium, yang dikenal sebagai Multimedia Interface Otomotif Kolaborasi ini, terlalu lama untuk melakukannya.

Sebuah kelompok yang mendaftarkan diri hingga 40 pemasok elektronik ingin untuk membantu dalam menulis standar, mengatakan akan memakan waktu dua tahun untuk melakukannya. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.

Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan peripheral komputer pribadi.

Dua bagian penting dari spesifikasi AMI-C adalah Vehicle Service Interface (VSI) API dan Human Machine Interface (HMI) API. VSI API yang menyediakan cara seragam mengakses informasi tentang status kendaraan, seperti tingkat bahan bakar atau informasi diagnostik, serta kontrol menyediakan fungsi-fungsi kendaraan tertentu, seperti kunci pintu. HMI API yang menyediakan aplikasi perangkat lunak dengan metode untuk mengirim dan menerima informasi ke atau dari sopir atau penumpang kendaraan tanpa aplikasi memiliki pengetahuan sebelum kendaraan khusus perangkat HMI, seperti speaker, display, tombol dan switch.

Di samping VSI dan HMI, AMI-C telah menetetapkan delapan infrastruktur API lainnya. Hal ini juga ditentukan tingkat awal aplikasi API untuk navigasi off-board. API ini akan memungkinkan aplikasi yang perlu menggunakan layanan navigasi atau lokasi untuk mengakses secara seragam di seluruh kendaraan dan bebas dari spesifik dari remote navigation server interface.


Sumber :
http://findarticles.com/p/articles/mi_hb6674/is_200010/ai_n26654367/?tag=rel.res2
http://findarticles.com/p/articles/mi_m0EIN/is_2002_July_23/ai_89435142/
http://findarticles.com/p/articles/mi_hb6674/is_200103/ai_n26655264/
http://findarticles.com/p/articles/mi_m0EIN/is_2003_April_25/ai_100626150/?tag=content;col1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar