Senin, 01 Maret 2010

Penjelasan mengenai Etika dan Profesional

Bismillahhirrohmannirrohim…..
Tak terasa semester 8 (delapan) sudah mulai, artinya ini adalah semester terakhir saya kuliah (amin), dan tak terasa juga tugas kuliah sudah banyak menumpuk. Salah satunya adalah tugas matakuliah Etika dan Profesionalisme TSI yang mengharuskan untuk membuat artikel yang nantinya artikel tersebut harus di upload ke blog masing-masing mahasiswa. Nah, kali ini tugas artikelnya adalah menjelaskan tentang Etika dan Profesionalisme.

ETIKA

Setelah melakukan pencarian di situs search engine (google) saya menemukan banyak referensi mengenai pengertian etika. Jadi, menurut para ahli etika adalah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia antar sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Etika atau lazim juga disebut etik, barasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti norma-norma, kaidah-kaidah , dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini :

- Drs. O.P Simorangkir : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

- Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.

- Drs. H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.

Menurut sumber yang lain etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.

Berdasarkan dari beberapa referensi tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa etika adalah suatu ilmu, teori, atau pandangan mengenai tingkah laku perbuatan manusia dilihat dari segi baik dan buruk sejauh yang dapat dipahami oleh akal atau pikiran manusia.

Cara penilaian baik dan buruk

Untuk menilai baik dan buruk suatu perbuatan atau tingkah laku manusia ada beberapa cara atau pandangan Menurut Ajaran Agama, Adat Kebiasaan, Kebahagiaan, Bisikan Hati (Intuisi), Evolusi, Utilitarisme, Paham Eudaemonisme, Aliran Pragmatisme, Aliran Positivisme, Aliran Naturalisme, Aliran Vitalisme, Aliran Idealisme, Aliran Eksistensialisme, Aliran Marxisme, Aliran Komunisme.

Untuk bisa menilai baik dan buruk, alangkah baiknya bila kita mengetahui tentang pengertian baik dan buruk. Menurut sumber yang saya dapat pengertian baik adalah Sesuatu hal dikatakan baik bila ia mendatangkan rahmat, dan memberikan perasaan senang, atau bahagia (Sesuatu dikatakan baik bila ia dihargai secara positif). Sedangkan pengertian buruk adalah Segala yang tercela. Perbuatan buruk berarti perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

PROFESIONAL

Menurut beberapa sumber yang saya dapat tentang pengertian profesional adalah sebagai berikut :

- Profesional, adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.

- Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut "profesional" dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia olahraga terdapat olahragawan profesional yang merupakan kebalikan dari olahragawan amatir yang bukan berpartisipasi dalam sebuah turnamen/kompetisi demi uang.

Jadi menurut saya, profesional adalah seorang yang menekuni dan ahli atau orang yang berdedikasi di suatu bidang keahlian atau keterampilan tertentu yang ia kuasai, dan biasanya merupakan suatu pekerjaan dari orang tersebut dan melaksanakannya denagn tanggungjawab penuh.

Sumber :
- http://www.scribd.com/doc/8365104/PENGERTIAN-ETIKA

- http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&ct=res&cd=2&ved=0CAkQFjAB&url=http%3A%2F%2Famutiara.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F10043%2FPENGERTIAN%2BETIKA.doc&rct=j&q=pengertian+etika&ei=WNiLS72hMc24rAfv_oWnCg&usg=AFQjCNERzU98THtyje2z-1CkZsc5_qzRfQ

- http://id.wikipedia.org/wiki/Profesional

- http://etikaprofesidanprotokoler.blogspot.com/2008/03/pengertian-profesi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar